Sabtu, 22 Oktober 2016

Misteri miringnya Menara Pisa

Menara Pisa di Italia
                Hai para Misteri Lovers, pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi tentang sebuah bangunan yang ada di Italia, bangunan tersebut adalah Menara Pisa. Bangunan ini terkenal dengan kemiringannya, dengan kemiringannya tersebut Menara Pisa masuk salah satu dari 7 keajaiban dunia. Jika mendengar bangunan ini, pasti kalian bertanya-tanya bagaimana Menara Pisa bisa miring? Dan apakah penyebabnya?. Nah, disini saya akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan kalian. Yukk  simak . . ..
                Menara Pisa adalah salah satu bangunan yang ada di Italia. Sesungguhnya bangunan ini adalah menara lonceng yang berdiri tegak, sama seperti menara lonceng yang lain. Menara Pisa dibangun melalui tiga tahap dalam waktu kira-kira 200 tahun. Pada tahap pertama dilakukan pada tahun 1178, saat itu Menara Pisa diarsiteki oleh Bonanno Pisano yang berhasil membangun tiga tingkat. Kenapa hanya tiga tingkat? Karena pada saat membangun tingkat yang ketiga, bangunan tersebut mulai miring, sehingga pembangunan dihentikan selama kira-kira 100 tahun. Setelah lama tidak dibangun, akhirnya pada tahun 1272 kembali dibangun (tahap kedua). Pada saat itu, Menara Pisa dibangun oleh Giovanni di Simone, beliau melanjutkan sampai empat tingkat dengan kemiringan yang berlawanan dengan kemiringan yang sebelumnya, dengan tujuan supaya bangunan tersebut kembali berdiri tegak seperti rancangan awal. Lalu apa hasilnya? Hasilnya tidak merubah kondisi bangunan tersebut, dan akhirnya pembangunan berhenti kembali. Dan akhirnya, pada tahun 1350 (tahap ketiga), Menara Pisa dibangun kembali oleh Andrea Pisano. Dengan desain ala Roma, dia membangun ruang lonceng pada bagian paling atas. Akhirnya Menara Pisa berhasil dibangun dan masih berdiri kokoh sampai sekarang. Kata para ahli, Menara Pisa hanya bisa bertahan sampai 200-300 tahun lagi.
Tingkat Menara Pisa
                Penyebab dari miringnya Menara Pisa ini dikarenakan struktur tanah yang tidak stabil di bagian pondasi serta bahan dasar bangunan yang memiliki bobot yang berat sehingga bisa sampai miring. Dengan penyebab tersebut pondasi dari Menara Pisa amblas sampai 3 meter.
Perbaikan Menara Pisa
                Ternyata, Menara Pisa pernah mengalami perbaikan dengan upaya mengganti topangan menara dengan sebuah balok dan beton yang ditahan dengan kabel baja. Dan pada tahun 1999, dilakukan perbaikan final untuk menstabilkan menara dengan melakukan penggalian tanah di bawah pondasi menara dengan tujuan memaksa menara lebih rendah sehingga mengurangi sudut kemiringannya.

                Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para Misteri Lovers.




    Choose :
  • OR
  • To comment
1 komentar:
Write komentar